Selasa, 10 Januari 2012

Pengaruh Islam Terhadap Bahasa Arab


Agama Islam dan turunnya al-Quran yang dibawa Rasulullah menyebabkan adanya perubahan yang menyeluruh dalam kehidupan bangsa Arab, baik dengan sosial politik, agama maupun dalam cara fikir. Secara garis besar, faktor yang mempengaruhi perubahan besar tersebut ialah :
     1.       Timbulnya kosakata baru, agaya bahasa yang indah dan seni berpidato. Tumbuh pula kata hikmah dan gaya bahasa yang diambil dari al-Qur’an dan al-Hadits.
      2.       Islam menghapus beberapa istilah misalnya doa yang artinya : Semoga Tuhan memberi nikmat di pagi hari. Semoga Tuhan menjauhkan kutukan..
      3.       Banyak kata yang diganti artinya dengan pengertian baru seperti kata salat, siyam, zakat, haji, kafir, dan istilah lain yang berhubungan dengan hukum agama.
     4.       Terciptanya kata dan ungkapan yang belum ada pada masa datangnya Islam, seperti jahiliyah, Munafik, fasiq, dan lainnya.
     5.       Islam mengajak kaum muslimin untuk berfikir mengamati mendorong untuk mencari ilmu dan menambah pengetahuan yang bermacam-macam. Mereka mengadakan pendalaman tentang Islam dan banyak menterjemahkan berbagai ilmu dan pengetahuan dari berbagai bahasa. Kegiatan penerjemahan berakibat banyak memasukkan berbagai istilah ilmu pengetahuan asing ke dalam bahasa Arab. Misalnya kata falsafah, askar, diwan, dan lainnya.
   6.       Kemampuan bahasa Arab lebih besar dibanding bahasa serumpun yang lain. Berbagai persoalan kenegaraan baik di bidang hukum perundangan- undangan, perjanjian, sistem sosial dan politik, penelitian ilmiah, peradilan, diskusi tentang bahaya kemusyrikan dan lainnya tertampung dalam bahasa Arab.
     7.       Bahasa Arab telah tersebar ke berbagai negeri dan digunakan oleh berbagai bangsa sebab bahasa Arab merupakan bahasa agama, bahasa kitab suci dan bahasa hadis Nabi.

(bismillah)(kiri)
(bismillah)(kanan)

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut